Quotes

“Don’t wait until tomorrow what you can do today:)”

Pertemuan ke-lima



30 Maret 2015

Human Philosophical Reflections 2: Knowledge, Intelligence, Affection, and Freedom

1.           Knowledge (Pengetahuan)

Gambar 1.1 http://emprorerfaisal.blogspot.com/2011/02/syarat-pengetahuan-menjadi-ilmu.html

  •      Pengetahuan merupakan kemampuan untuk membentuk model mental yang menggambarkan objek dengan tepat dan merepresentasikan dalam aksi yang dilakukan terhadap suatu objek. 
  •   Pengetahuan itu sendiri dapat dideklarasikan menjadi tiga, yaitu pengetahuan procedural (menekankan bagaimana melakukan sesuatu), pengetahuan deklaratif (menjawab pertanyaan benar/salah), dan pengetahuan tacit (pengetahuan yang tidak dapat diungkapkan dengan bahasa).
  •    Pengetahuan seterusnya disebut perseptif, ketika sambil muncul secara spontan, pengetahuan itu memungkinkan orang untuk menyesuaikan dirinya secara langsung dengan situasi yang disajikan melalui gerakan tangan, tingkah laku, gerakan-gerakan, sikap-sikap, tindakan, serta jerit teriakan. 
  •    Ada juga yang disebut pengetahuan refleksif, Pengungkapannya adalah, baik dalam bentuk ide, konsep, definisi, serta putusan-putusan maupun dalam bentuk lambang, mitos, atau karya-karya seni.
  •     Pengetahuan disebut pula diskursif, Pengetahuan dalam arti ini lebih menampakkan diri sebagai sesuatu yang datang dari sebab ke akibat dan dari akibat ke sebab, dari prinsip ke konsekuensi dan dari konsekuensi ke prinsip, dan sebagainya.
  •        Akhirnya, pengetahuan menjadi sangat kompleks dan beraneka ragam sifat dan bentuknya.  


2.           Intelligence (Pengertian)

Gambar 2.1 http://www.efictionindia.in/2015/01/02/intelligence/

  •      Istilah Inteligensi diambil dari kata intellectus dan kata kerja intellegere (bahasa Latin). Kata intellegere terdiri dari kata intus yang artinya dalam pikiran atau akal, dan kata legere yang berarti membaca atau menangkap. Kata intellegere dengan ini berarti membaca dalam pikiran atau akal segala hal dan menangkap artinya yang dalam.
  •        Inteligensi adalah kegiatan dari suatu organisme dalam menyesuaikan diri dengan situasi-situasi, dengan menggunakan kombinasi fungsi-fungsi seperti persepsi, ingatan, konseptual, abstraksi, imajinasi, atensi, konsentrasi. seleksi relasi, rencana, ekstrapolasi, prediksi, kontrol (pengendalian), memilih, mengarahkan. Berbeda dengan naluri, kebiasaan, adat istiadat, hafalan tanpa mempergunakan pikiran, tradisi.
  •      Bentuk pengetahuan intelektif berikutnya adalah aprehensi (penampakan) yaitu bentuk pengetahuan di mana sudah terdapat kesadaran, meskipun subjek menerima apa yang terjadi pada dirinya secara pasif tanpa diinginkannya. Maksudnya. bahwa aprehensi adalah sebagai suatu tindakan membiarkan inteligensi melewati batas-batas organis dan memanifestasikan diri secara langsung. W. Penfield menyebutkan bahwa dasar pikiran adalah tindakan otak pada setiap individu.
  •         Tahap pengetahuan yang semakin kompleks adalah kegiatan bernalar yang bersifat diskursif. Istilah diskursif dari kata di-curres artinya berlari ke berbagai arah melalui induksi, deduksi, refleksi, subjektif-objektif, dan sebagainya (Leahy, 1993: 132).

    3.           Affection (Afektivitas)


    •     Cipta (kognisi), karsa (konasi), rasa (afeksi), itulah trias-dinamika manusia, atau manusia sebagai trias-dinamika. 
    •       Diakui bahwa manusia bukan saja memiliki kemampuan kognitif-intelektual, tetapi juga afektivitas.
    •      Jadi, untuk mencapai afektivitas, subjek harus berada dalam kondisi dimana subjek akan melahirkan kegiatan afektif. Adapun kondisi-kondisi tersebut ialah:
    •      Pertama, antara subjek dan objek harus ada ikatan kesamaan atau kesatuan itu sendiri, karena ketika tidak ada kesamaan maka tidak akan ada afektivitas.
    •     Kedua, nilai (baik dan buruk), dalam kondisi ini, ketika objek dipandang memiliki sebuah nilai maka subjek akan melahirkan kegiatan afektif, karena afektivitas itu sendiri adalah berdasar pada kecintaan akan sesuatu maka subjek pada akhirnya akan melahirkan kegiatan afektif untuk menolak atau menerima. 
    •        Ketiga, sifat dasariah dan kecenderungan kognitif, pada kondisi ini subjek akan dalam melakukan sebuah afektif harus ditunjang dengan sebuah sifat dasariah yang akan mendorong dia untuk lebih cenderung, selera, berkeinginan akan sesuatu yang pada akhirnya akan menimbulkan kegiatan afektif yang ternyata memang sesuai dengan sifat dasariah tersebut.
    •          Keempat, mengenal adalah kausa dari afektivitas. Dalam proses mengenal subjek akan mengalami kondisi dimana dia harus berusaha mendefinisikan objek yang akan dikenalinya dan ketika definisi tentang objek tersebut telah tercapai maka pada akhirnya akan lahir sebuah keputusan afektif apakah dia harus menyerang, mencintai, mempertahankan diri atau yang lainnya. 
    •       Kelima, imajinasi. Untuk menimbulkan kegiatan afektif maka imajinasi dapat menjadi sebuah pendorong, semangat, mempengaruhi bahkan membohongi. Pengetahuan pertama (baik dari pengalaman atau informasi dari pengenalan) akan melahirkan sebuah deskripsi awal tentang objek, maka dalam kondisi ini subjek akan dipengaruhi untuk bertindak seperti apa yang ia dapat pada pengalaman-pengalaman dan imajinasi yang dia dapatkan terdahulu

    4.           Freedom (Kebebasan)
    Gambar 4.1 http://emprorerfaisal.blogspot.com/2011/02/syarat-pengetahuan-menjadi-ilmu.html


    •      Manusia adalah makhluk yang bebas, namun sekaligus manusia adalah makhluk yang harus senantiasa memperjuangkan kebebasannya. 
    •      Seorang manusia disebut bebas kalau perbuatannya tidak mungkin dapat dipaksakan atau ditentukan dari luar. Manusia yang bebas adalah manusia yang memiliki secara sendiri perbuatan-perbuatannya.  
    •       Kebebasan adalah suatu kondisi tiadanya paksaan pada aktivitas saya. Manusia disebut bebas kalau dia sungguh-sungguh mengambil inisiatif dan bertanggung jawab atas perbuatannya.  
    •       “Freedom is self-determination”. Berdasarkan pengertian itu dapat dikatakan bahwa kebebasan merupakan sesuatu sifat atau ciri khas perbuatan dan kelakuan yang hanya terdapat dalam manusia dan bukan pada binatang atau benda-benda. Dengan istilah instingtual dimaksudkan tidak adanya peran akal budi dan kehendak. Dalam arti itu sebenarnya di dalam diri binatang-binatang tidak  ada kebebasan. 
    •        Secara ringkas Louis Leahy membedakan tiga macam atau bentuk kebebasan, yaitu kebebasan fisik, kebebasan moral dan kebebasan psikologis. 
    •        Kebebasan fisik menurut Louis Leahy adalah ketiadaan paksaan fisik. Artinya adalah tidak adanya halangan atau rintangan-rintangan eksternal yang bersifat fisik atau material. 
    •          Kebebasan psikologis berarti ketiadaan paksaan secara psikologis. Orang dikatakan bebas secara psikologis jika ia mempunyai kemampuan untuk mengarahkan hidupnya. Orang dikatakan bebas secara psikologis jika ia mempunyai kemampuan dan kemungkinan untuk memilih pelbagai alternatif. Yang men-ciri-khas-kan kemampuan itu adalah adanya kehendak bebas.  
    •           Louis Leahy mendefinisikan kebebasan moral sebagai ketiadaan paksaan moral hukum atau kewajiban. Kebebasan moral tidak sama dengan kebebasan psikologis. Meskipun demikian antara keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat. 
    •        Jadi dalam pengertian inilah kebebasan moral mengandaikan kebebasan psikologis. Kebebasan moral dapat dibatasi dengan pemberian larangan atau pewajiban secara moral. 




    Sumber: 

    Diunduh pada tanggal 30 Maret 2015. Power point binus maya materi Human Philosophical Reflections 2: Knowledge, Intelligence, Affection, and Freedom. Pertemuan ke lima. 

    Kusrini (2006). Sistem pakar, teori dan aplikasi. Andioffset: Yogyakarta.

    6 comments:

    1. Ghina udah bagus dan lengkap sekali isi blognya sumbernya sudah ditambah selain dari BinusMaya, good job Ghin terus semangat yaa dan tetap terus semangat cantik, nilai untuk kamu 88 ya :))

      ReplyDelete
    2. Sudah bagus isi dari blognya, sangat mudah untuk membaca dan memahami apa yang anda tulis. Saya berharap di blog saya juga bisa seperti ini. Nilai buat anda 85.

      ReplyDelete
    3. Referensinya sudah sangat bagus :) isinya juga
      86 buat Ghinna:)

      ReplyDelete
    4. Hai teman-teman Filogi. Terimakasih yaaa buat nilai, masukan, dan sarannyaa. Tetap semangat jugaa semuanya :)

      ReplyDelete
    5. ghinaa blog kamu sudah bagus dan rapih ku kasih nilai 88 untuk kamu :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai Fikaaa. Terimakasih yaa atas penilaiannya :)

        Delete